Sabtu, 18 Februari 2012

5 Alasan Anda Harus Rajin Minum Air Mineral

Air putih sudah tak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Tapi apa yang menjadikan minuman yang satu ini begitu penting? Menurut Beth Reardon, direktur bidang nutrisi untuk Duke Integrative Medicine, air dapat mendorong kinerja dasar tubuh.

"Semua sistem dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik, dan begitu juga dengan 90 persen reaksi kimia dalam tubuh," ujar Reardon.

Oleh karena itu ada baiknya bila Anda mengetahui lima alasan mengapa Anda harus rutin minum air mineral. Seperti yang dikutip dari Caring, ini dia lima alasan tersebut.


1. Mengurangi Stres
Minum air mineral sepanjang hari dapat mengurangi gejala stres seperti sakit kepala, otot tegang, pusing, jantung berdebar, dan menurunnya energi. Kekurangan cairan atau dehidrasi justru akan meningkatkan kadar kortisol --hormon stres. Air tidak akan menghilangkan stres Anda, namun bisa membuat Anda lebih berenergi, membuat napas jadi lebih lambat dan mengurangi ketegangan pada jantung.

2. Menurunkan Berat Badan
Dalam penelitian tahun 2010 pada orang dewasa berusia 55 hingga 75 tahun yang rutin minum 8 gelas air sebelum makan bisa menurunkan berat badan hampir empat kilogram dalam 12 minggu. Menurut peneliti dari Virginia, Amerika, air memiliki sifat yang mengenyangkan, maka Anda tak perlu makan terlalu banyak


3. Jarang Sakit
Air membuat selaput lendir Anda dalam kondisi terbaiknya. Selaput ini merupakan sistem pertahan alami tubuh untuk mencegah kuman seperti flu dan pilek masuk ke dalam tubuh. Ketika selaput tersebut kering, otomatis kuman dan bakteri akan lebih mudah menembus nofasoring, tempat bertemunya saluran hidung dan mulut.


4. Mengatur Tekanan Darah
Pada 2010, Palang Merah Amerika menemukan, ketika seseorang meminum 16 ons air sebelum mendonorkan darahnya, terdapat penurunan 20 persen pendonor yang pingsan. Air mineral mengaktifkan saraf parasimpatik --sistem tubuh yang membuat Anda lebih waspada-- dan juga meningkatkan tekanan darah serta energi.


5. Membuat Lebih Nyaman
"Termostat internal bekerja lebih baik ketika Anda terhidrasi dengan baik. Air mengatur suhu tubuh," ujar Reardon lagi. Meminum air dingin pada cuaca dingin atau air panas pada cuaca panas, tetap bisa membantu tubuh menyesuaikan suhu di sekitarnya. Hal ini karena adanya persarafan pusat (hypothalamus di otak) yang mengatur dengan baik.

12 komentar:

  1. Info kesehatan yang bagus! follow #88 sukses! ditunggu follback nya!

    salam blogger

    BalasHapus
  2. bermanfaat banget tips kesehatan daari abang... saya suka minum air lho bang...sampai2 kalo gak minum jadi lemes :)...
    sip banget artikel abang

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kang..tapi artikel saya gak ada apa-apa nya di banding artikelnya kang farhan..

      Hapus
  3. harus rajin - rajin minum air putih nih :)

    BalasHapus
  4. betul2..sy sndiri melalui n cuba istiqamah tuk mngamalkan nya..bile da diri jadi aman damai..stress kurang..gaya hidup teratur lalu pemakanan kite teratur xsecara langsung juga akan mengurangkan toksik dalam bdn kite dan mengurangkan potensi penyakit:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah udah ada yang sudah mengamalkannya rupanya..ok tks dah share pengalamannya

      Hapus
  5. wah...bagus sekali minum air mineral ini yaa...good info. :)

    BalasHapus

vps web hosting