Kamis, 26 Januari 2012

4 Cara Belajar Mencintai Uang

Mungkin beberapa orang berpikir bahwa mencintai uang identik dengan hura-hura atau berbelanja sesuatu sepuasnya. Padahal, mencintai uang punya makna yang lebih luas.

Belajar mencintai uang adalah cara untuk menjadi lebih dewasa dalam melakukan pengeluaran, misalnya mengambil keputusan yang bertanggungjawab. Hal ini berlaku untuk diri sendiri agar menjadi lebih disiplin dan juga mengurangi emosi karena tidak dapat membeli sesuatu yang mahal. Seperti dilansir oleh About, berikut empat cara yang bisa diterapkan untuk memanjakan diri sendiri dan uang Anda.

1. Mencintai Penghasilan
Setiap kali ingin menghabiskan uang, ingatlah bagaimana jerih payah Anda bekerja untuk mendapatkan uang tersebut. Buat perjanjian pada diri sendiri bahwa Anda tidak harus selalu membeli barang apapun yang diinginkan. Ada baiknya jika Anda mencintai penghasilan yang didapat. Kemudian berlakukan penghasilan tersebut dengan bijak, sehingga pengeluaran yang dikeluarkan pun tidak membludak.

2. Traktir Diri Sendiri
Berapapun jumlah pendapatan yang diperoleh, harus diatur berapa uang yang akan disisihkan untuk masa depan. Usahakan untuk sering melihat jumlah uang yang disimpan di tabungan maupun investasi yang semakin lama semakin meningkat jumlahnya, sehingga Anda merasa sayang untuk mengeluarkan dan menggunakan uang tersebut secara berlebihan.

3. Menghargai Uang
Fokuskan pada keuangan Anda selama satu atau dua jam setiap bulannya. Berfokus pada keuangan bisa dengan menghabiskan waktu untuk browsing situs mengenai perencanaan finansial atau bisa juga dengan membaca sebuah buku tentangpengaturan keuangan.

4. Bijak Mengeluarkan Uang
Bernegosiasi sebelum membayar bisa diterapkan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk pembelian barang saja, namun juga saat berbicara dengan penjual barang tersebut. Menanyakan penjual apakah ada barang yang diberikan potongan harga juga bisa dijadikan alternatif. Sehingga pengeluaran yang dikeluarkan juga jadi lebih sedikit.

source : www.wolipop.com

10 komentar:

  1. yupss... intinya manfaatkan uang sebaik mungkin...kita tidak tahu apa besok masih punya uang apa tidak... :) ...sip inponya bang

    BalasHapus
  2. Keren.. Tuan krab lg itung duit.. Haha.
    Comment bacx sob :-D

    BalasHapus
  3. wahh bener nihh.. aku suka uang..tapi gak pernah mencintainya. kalo uang udah banyak pasti nyimpennya sembarangan dan makenya boros. fufufu
    harus belajar mencintai uang nihhh..
    thanks sob..postingan yang bagus! d(^.^)

    BalasHapus
  4. intinya harus banyak bersyukur dengan apa yang kita miliki sob. entah uang maupun rejeki yg lainnya.
    that's it
    nice post sobat, salam persahabatan :)

    BalasHapus
  5. Nahhh info yg beginian aku senang banget..trims ya bang sdh dishare.l

    BalasHapus
  6. Mantap bang, moga kita semua jadi orang yang bijak mengatir keuangan :)

    BalasHapus
  7. duit2 tapi kenapa gambarnya Mr. kRab ya ? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuan krabb khan paling telitiamayang namanyaduit..hehehe

      Hapus
  8. Nice info, terkadang perencanaan finansial udah matang, namun sayang godaan n prakteknya agk sulit

    BalasHapus
  9. Tipsnya mantap, Sob. O y ane suka tuh sama gambarnya, hehe ...

    BalasHapus

vps web hosting